Cara Sederhana Menumbuhkan Minat Baca Anak

Cara Sederhana Menumbuhkan Minat Baca Anak Cara Sederhana Menumbuhkan Minat Baca Anak
Minat baca seorang anak bisa terangkat bagaimana peran orang tua mendidiknya.

Setiap orang tua pasti mendambakan memiliki anak yang gemar membaca. Minat baca seorang anak bisa terangkat bagaimana peran orang tua mendidiknya. Usahakan minat baca anak sudah ditanamkan sejak dini minimal di usia 3 tahun.

"Selama ini membaca hanya dijadikan evaluasi, baca ketika sedang ada tes, ujian dan di level mata pelajaran," kata Salah satu pendiri Litara Foundation, Sofie Dewayani yang  lansir dari Republika.co.id (01/11).

Untuk itu, disarankan agar para orang tua bisa menumbuhkan minat baca anak. Cara yang paling sederhana adalah dengan menjadikan buku bagian dari kegiatan sehari-hari anak yang menyenangkan.

"Para orang tua perlu meluangkan waktu untuk membacakan buku-buku cerita menarik sesuai minat dan tingkat bahasa anak dengan ilustrasi ekspresif," kata Sofie.

Baca: Bisa Ditiru, Ini Trik Menumbuhkan Minat Baca Siswa

Selain membacakan buku cerita banyak kegiatan lanjutan yang dapat dilakukan orang tua bersama anak terkait topik cerita, misalnya membahas cerita lebih dalam, menyanyi lagu-lagu yang berhubungan dengan topik atau tokoh cerita maupun mengubah cerita sesuai imajinasi anak.

Ia mengatakan dengan selalu mendampingi anak akan meningkatkan minat baca maupun kemampuan berbahasa anak dan secara tidak langsung juga melindungi anaknya dari berbagai bacaan yang tidak atau kurang sesuai.
Sumber https://www.sekolahdasar.net/

0 Response to "Cara Sederhana Menumbuhkan Minat Baca Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel